Menparekraf Animo Semangat Gotong Royong di Dusun Pulo Sibandang Sumut dalam Bangun Rekreasi

Sibandang, 4 Juli 2024 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Inovatif/Kepala Tubuh Pariwisata dan Ekonomi Inovatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghargai semangat bergotong-royong warga di Dusun Rekreasi Pulo Sibandang, Sumatera Utara (Sumut), saat meningkatkan tujuan wisatanya.

Menparekraf Sandiaga saat resmikan Dusun Rekreasi Pulo Sibandang sebagai 50 besar dusun rekreasi terbaik se-Indonesia dalam Karunia Dusun Rekreasi Indonesia (ADWI) 2024, Kamis (4/7/2024) menjelaskan jika Dusun Rekreasi Teritori Pulo Sibandang tercipta dari kerjasama tiga dusun sekalian yakni Dusun Sibandang, Dusun Papande, dan Dusun Sampuran.

“Ini ialah peristiwa kebersama-samaan dan bergotong-royong sebagai sesuatu keunggulan jika warga di sini dapat bersatu membuat wilayahnya, dan ini jadi ide untuk semua daerah nusantara, jika kita lakukan ini dalam rencana kerjasama,” kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf sampaikan, Dusun Rekreasi Pulo Sibandang adalah salah satunya dari 16 geosite dari Toba Unesco Global Caldera Geopark. Dusun rekreasi ini jadi salah satu dusun rekreasi di Sumatera Utara yang bisa lolos dari 321 Dusun Rekreasi yang mendaftarkan.

Dia mengharap Dusun Rekreasi Pulo Sibandang sanggup merealisasikan misi Indonesia sebagai World Class Tourism Destination yang memiliki daya saing global, berkesinambungan, dan sanggup menggerakkan pembangunan wilayah dan kesejahteraan masyarakat.

“Dusun Rekreasi Sibandang ini dapat jadi World Class Tourism Destination karena ini pabrik oksigennya pulau Sumatera Utara . Maka untuk pencinta Danau Toba, harus tiba ke Sibandang,” kata Menparekraf.

Dusun Rekreasi Sibandang memiliki kekayaan alam yang alami, dikitari bentangan air biru Danau Toba yang sangat menganakemaskan mata pelancong.

Pelancong bisa langsung menyaksikan suburnya tanah di Pulau Sibandang sebagai hasil letusan gunung Toba yang paling akhir hingga tanahnya subur untuk ditanam tanaman, seperti mangga udang, yakni mangga ciri khas Dusun Rekreasi Pulau Sibandang.

Menparekraf juga berpeluang menanam mangga udang dengan ditemani secara langsung oleh PJ Bupati Tapanuli Utara, ⁠Dimposna Sichombing, Deputi Sektor Peningkatan https://resultadosemponto.com/ Tujuan dan Infrastruktur, Hariyanto; Staff Khusus Menparekraf Sektor Penyelamatan, Ario Prawiseso; Kadisparbudekraf Sumatera Utara, Zumri Sulthony; dan Direktur Politeknik Wilmar Usaha Indonesia, Jenny Elisabeth.

Selainnya mangga, ada juga hasil kebun yang lain, seperti alpukat, kopi, jagung, kakao kacang tanah, bawang merah, dan ubi-ubian.

PJ Bupati Tapanuli Utara, Dimposna Sichombing, sampaikan terima kasih ke Menparekraf atas instruksi yang dikatakan dalam peningkatan Dusun Rekreasi Pulo Sibandang.

“Kami berterima kasih. Memang Sibandang ini ialah pemroduksi oksigen. Mudah-mudahan Pulo Sibandang ini bisa juga terus memberikan inspirasi, mudah-mudahan Tapanuli Utara, Pulo Sibandang dapat wangi dan terkenal ke tingkat nasional,” kata